Wisata Edukasi Korea



Korean National Maritime Museum 
(Sumber Gambar : Brosur Korean National Maritime Museum)

Wisata Edukasi Korea
Korean National Maritime Museum

안녕하세요
Setelah menginjakkan kaki di korea, khususnya di kota Busan, saya mencoba untuk berkelana mencari ilmu kanuragan untuk meneruskan perjalanan ke utara (hahahahahahha). Sebagai mahasiswa yang haus akan ilmu pengetahuan (hahahahahahahaha), tempat favorit yang saya kunjungi adalah Museum. Berikut adalah beberapa pengalaman saya mengunjungi beberapa museum yang ada di Korea Selatan, khususnya di kota Busan dan Pulau Jeju.

Terletak di 45, Haeyang-ro 301beon-gil, Yeongdo-gu, Busan 49111, Korea, museum ini memberikan informasi tentang perkembangan sejarah kemaritiman di Korea Selatan. Museum ini terdiri dari 4 lantai dimana masing masing lantai memiliki benda-benda koleksi yang unik. Lantai pertama kita akan menemukan information desk (Meja informasi), Maritime Library (perpustakaan maritim), Children’s Library (perpustakaan anak-anak), Auditorium, Ruang serbaguna (bisa sebagai ruang eksebisi) dan locker. Lantai ke dua kita akan menemukan museum khusus untuk anak-anak, toko souvenir, ruang eksebisi, ruang bermain anak dan Marine Exploration Corner (bingung diterjemahkan ke bahsa indonesia 😊).

Di lantai ke tiga kita akan menemukan benda-benda koleksi museum seperti miniatur  kapal-kapal kargo yang dimiliki, benda-benda bersejarah yang terkait dengan dunia kemaritiman, akuarium, marine bilogy dan marine experience. Lantai ke empat kita akan menemukan sejarah industri maritim di Korea, maritime science, daerah maritim di Korea, bisokop 4D tentang kemaritiman, kafe dan rauang menyusui.
Dikutip dari laman http://www.knmm.or.kr/, museum ini menawarkan beberapa informasi tentang dunia kemartiman di Korea Selatan diantaranya :
  • Ships (Kapal)


Di musium ini, pengunjung bisa melihat perkembangan bentuk-bentuk kapal yang pernah dipakai oleh bangsa korea dari zaman kerajaan sampai zaman modern. Baik kapal yang digunakan untuk kegiatan eksplorasi perikanan, kapal pengangkut barang (kargo), hingga kapal-kapal perang korea pada zaman dahulu. Berikut beberapa foto-foto beberapa jenis kapal yang sempat saya dokumentasikan ketika mengunjungi museum tersebut :

Salah satu kapal zaman kerajaan bangsa korea (Dokumentasi pribadi)

Miniatur kapal-kapal kargo bangsa Korea (Dokuemntasi pribadi)
  •  Maritime history and figures

Selain berbagai jenis kapal, kita juga dapat melihat sejarah perkembangan kemaritiman di Korea Selatan beserta gambar, lukisan, dan minitaurnya. Berikut beberapa foto yang saya dokumentasikan :

    
Kapal dan perlengkapan nelayan bangsa korea pada zaman dahulu (Dokumentasi Pribadi)

 Beberapa naskah sejarah tentang dunia maritim korea pada masa lampau (Dokumentasi pribadi)
  •  Aquarium

Selain menemkan benda-benda bersejarah, kita juga akan menemukan aquarium yang cukup besar di museum ini. Berikut foto aquarium yang sempat saya dokumentasikan.

 Aquarium yang berada di dalam Korean National Maritime Museum (Dokumentasi Pribadi)

Jadi, bagi teman-teman yang berkujung ke Korea, selain menikmati keindahan pemandangan dan menikmati budaya serta masakan korea, berkunjung ke museum bisa menjadi pilihan, karena selain menarik, juga akan menambah wawasan dan pengetahuan kita. Sampai ketemu lagi lain waktu. 

follow me : 
Sejong 1-Building
Daeyon 3 (sam)-Dong
Busan
Korea Selatan















Komentar