MENGISI DAN MELENGKAPI PERSYARATAN ADMINISTRASI KAMPUS (PKNU) (Beasiswa KOICA-Korea)


PKNU A11 "Winter is Coming"(Dokumentasi Pribadi)

ADMINISTRASI KAMPUS (PKNU)

*NOTED : Untuk negara kandidat dari program beasiswa ini yaitu : 16 Negara Asia, 23 Negara Afrika, 15 Negara Amerika Latin, 5 negara timur tengah, dan 9 negara CIS (Commonwealth of Independet States). Total jumlah mahasiswa yang akan diterima adalah hanya 20 orang, jadi kita harus benar-benar mepersiapkan dokumen secara lengkap dan diisi sebaik-baiknya.
Setelah mengisi KOICA APPLICATION FORM yang telah saya bahas pada tulisan sebelumnya, selanjutnya kita diminta untuk melengkapi beberapa dokumen yang dibuthkan oleh kampus yang akan kita tuju (sebagai contoh saya memilih KOICA PKNU IGFS-KOICA Pukyong National University Internasional Garaduate School For Fisheries Science). Ada beberapa form yang harus kita isi :
1. PKNU Application Form

Dalam form ini, kita diminta mengisi biodata yang isinya tidak jauh beda dengan KOICA APPLICATION FORM.  Pada form ini, kita diminta untuk menempelkan pas photo terbaru kita dengan ukuran 3,5 x 4,5 cm. Beberapa bagian yang ada didalam aplikasi ni antara lain : Data pribadi (Nama, alamat, no passpor, kontak darurat), Pekerjaan (Posisi (Jabatan), nama instansi, direktorat, nomor telepon kantor, alamat, dan nama atasan kita), Profesional Experinece (riwayat pekerjaan kita), Jurusan yang kita daftar di kampus yang kita pilih, kemampuan bahasa inggris (Self-evaluation ), Latar belakang pendidikan, dari SD, SMP, SMA, PERGURUAN TINGGI (S1). Dibagian akhir form ini, kita akan diminta untuk mengisi surat pernyataan tentang kebenaran data yang kita sampikan dan kesediaan kita data-data kita akan digunakan dsalam kegiatan administrasi selama kuliah. 

PKNU APPLICATION FORM


2. Surat Rekomendasi

Recomendation for Admission

PKNU mensyaratkan untuk mendapatkan rekomendasi dari 2 orang di instansi kita, dan salah satunya harus merupakan atasaln langsung kita. Sebagai contoh saya meminta rekomendasi dari Direktur (ESLON II) dan Kepala Program kegiatan di Unit Kerja. Kedua rekomendasi tersebut harus dimasukkan kedalam amplop (kalau bisa amplop resmi intansi). Ada beberapa bagian didalam surat rekomendasi tersebut yang harus kita lengkapi diantaranya : 
1. Bagian yang disi oleh kita-Nama Kita yang mendaftar, jurusan yang kita pilih. 
2. Bagian yang diisi oleh pemberi rekomendasi.
  • How long have you known the applicant and in what  capacity?
  • What do you consider the applicant’s talents or strengths?
  • What do you consider the applicant’s weaknesses? 
  • How well do you think the applicant has thought out plans for graduate study? 
  • Do you know of any medical or emotional condition which might affect the applicant’s performance at the School? If so, please explain. 
  • Please give us your appraisal of the applicant on next page. Rate the applicant in comparison with others applying for graduate school whom you have known.
  • Please comment on the ratings that you have assigned in #7 and make any comments about the applicant's academic achievement, potential, or personal qualities which you believe would be helpful in considering his or her application for the graduate program.
  • Recommender’s Information (Nama, jabatan, telpon, alamat kantor)
 3. A WRITTEN PLEDGE

A WRITTEN PLEDGE

Form ini berisi tentang ketentuan-ketentuan yang harus kita patuhi selama berada di KORE yaitu :
  • Akan mematuhi hukum Republik Korea dan peraturan sekolah yang diakui oleh KOICA-PKNU".
  • Tidak akan mengambil pekerjaan ilegal dengan visa pelajar selama saya tinggal di Korea
  • Pernyataan tentang keaslian dokumen yang kita sampikan pada proses pendaftaran.
  • Pernyataan tentang kesedian mendapatkan sanksi apabila kita melanggar ketentuan-ketentuan diatas.

4. Personal Statement
Personal Statement

Pada bagian ini kita diminta untuk menuliskan beberapa hal tentang diri kita (dalam bahasa inggris, pada beberapa bagian kita diminta menuliskannya minimal dalam 150 kata). Ada beberapa bagian dalam form ini yaitu :
  • Personal Information : berisi tentang data pribadi, nama, nomor paspor, kewarganegaraan, status pernikahan dan jenis kelamin.
  • Present Employment : berisi tentang Posisi/Jabatan, nama instansi, unit kerja/direktorat, status pekerjaan (pegawai tetap, pegawai kontrak), Tugas utama. 
  • Academic Background : Berisi tentang latar belakang pendidikan yang kita tempuh sebelumnya (S1) dan hubungannya dengan jurusan yang kita pilih (Fisheries Science). sebagai contoh saya menyebutkan bahwa saya berlatar belakang pendidikan di bidang BILOGI yang memiliki keterkaitan dengan bidang perikanan. Saya menjelaskan beberapa mata kuliah yang dulu pernah saya tempuh selama pendidikan S1 Seperti Ekologi, Genetika, Mikrobiologi, Ekologi Hewan, Fisiologi dan Anatomi Hewan dan beberapa mata kuliah lain yang memang berkaitan dengan bidang perikanan, sebagai contoh di mata kuliah ekologi kita belajar tentang ekosistem, rantai makanan, hubungan faktor abiotik dan biotik dan dinamika populasi. Ilmu-ilmu ini bisa bermanfaat dalam kegiatan perikanan sebagai dasar dalam menentukan habitat yang tepat dalam kegiatan budidaya perikanan. 
  • Work Experience : Pengalaman kerja. Pada bagian ini kita diminta untuk menjelaskan tentang pengalam pekerjaan yang pernah kita lakukan yang memiliki hubungan dengan bidang Fisheries science. Sebagai contoh saya menuliskan pengalaman-pengalaman pekerjaan yang pernah saya ikut terlibat didalamnya seperti : pengembangan ikan nila SALINA, pengembangan marker genetik ikan nila GESIT, pengembangan udang galah unggul Newfemale dan pernah memngikuti beberapa kegiatan pelatihan, workshop dan seminar yang berhubungan dengan bidang perikanan. Pada bagian ini kita sebaiknya menuliskan detail keahlian kita dalam menggunakan alat-alat, pemahaman kita pada metoda-metoda tertentu pada bidang perikanan.
  • Personal Essay : Pada bagian ini kita diminta untuk mengisi tentang motivasi, attitude, personal background dan pencapaian yang pernah kita dapatkan. sebagai contoh kita bisa menuliskan tentang latar belakang kita, prestas-prestasi yang pernah kita raih dan mengapa kita layak untuk mendapatkan beasiswa ini. Jangan lupa tuliskan manfaat yang akan kita dapatkan, manfaat beasiswa ini bagi pengembangan profesi kita dan hubungan kerjasama natara Indonesia-KOREA.
5. RESEARCH PROPOSAL


Research Proposal

Seperi yang tertulis dibagian paling atas dari dokumen ini, ini adalah bagian terpenting dari dokumen yang kita ajukan, pada bagian  akan dinilai kemampuan kita dalam bidang Fisheries Science. Ada beberapa bagian yang harus dilengkapi dalam proposal ini, yaitu :
  • Personal Information : Data pribadi.
  • Priority of 2019 Prospective Academic Advisor : Kita diminta untuk memilih 3 "prospective advisor" sesuai topik dan minat kita. perlu diingat bahwa 1 prpfesor hanya akan membimbing 1 mahasiswa (total ada 20 mahasiswa yang akan diterima). Pada form ini ada daftar nama dan bidang kehalian dari masing-masing profesor. Kita bisa mencari publikasi dari masing-masing profesor untuk lebih memahami bidang penelitian dan keahlian dari profesor pilihan kita.
  • Tentative Research Plan : berisi tentang rencana penelitian yang akan kita lakukan, meliputi : Judul Penelitian (apakah judul penelitian kita terkait dengan advisor yang kita pilih, jelaskan bagiaman keterkaitannya-bisa dari publikasi yang pernah diterbitkan oleh professor yang kita pilih, apakah ada publikasi yang sama dengan judul penelitian yang kita ajukan, apakah bisa digunakan sebagai judul "master thesis"-jelaskan). Background and Brief Summary of Previous Researches berisi tentang latar belakang penelitian yang kita lakukan, kita harus mereview dan merujuk beberapa tulisan-tulisan (jurnal penelitian) sebelumnya, dan harus minimal merujuk lebih dari satu tulisan calon professor yang kita pilih. Reviewed key publications : berisi jurnal-jurnal rujukan dalam membuat rencana penelitian. Objectives : Tujuan harus jelas, simple dan spesifik. Methodology : harus berisi tentang rencana percobaan yang akan kita lakukan (apabila berencana melakukan percobaan), alat-alat yang kita gunakan, cara mendapatkan sample, cara memperoleh data dan sebagainya. Namun kita tidak harus membuat percobaan, penelitian bisa berupa survey atau menggunakan data yang sudah ada dan kita miliki dari negara masing-masing. Others : pada bagian ini kita diminta menjelaskan keahlian-keahlian yang kita miliki untuk menyelesaikan penelitan yang telah kita rencanakan, kesediaan untuk mengganti professor apabila komite memutuskan harus mengganti (sesuai dengan kehalian yang kita sampaikan), kesedian untu tidak melakukan thesisi bila proposal yang kita ajukan dinilai tidak layak sebagai sebuah judul thesis (bila menolak diminta menjelaskan langkah-langkah kita untuk bisa mendapat persetujuan). 
  • Action Plan : pada bagian ini kita diminta untuk menjelaskan rencana kita untuk menerapkan dan mengaplikasikan rencana penelitaian yang telah kita buat di Institusi dan negara kita setelah lulus program "Master degre of Fisheries Science".
6. Sertificate of Employment
Setelah menyelasaikan dokumen-dokumen tersebut, selanjutnya kita harus memperispkan dokumen-dokumen pendukung lainnya, silahkan ruju tulisan berikut : http://mcfirmansyah.blogspot.com/2019/11/beasiswa-koica.html tentang persyaratan-persyaratan untuk mendaftar BEASISWA KOICA PKNU-IGFS. Dalam tulisan ini saya akan menambahkan informasi tentang sertificate of employment (surat keterangan kerja). Sertifikat ini diminta oleh PKNU sebagai salah satu kelengkapan administrasi. Ketentuan dalam surat ini adalah posisi/jabatan harus jelas, tipe pekerjaan (tetap atau kontrak) harus jelas dan tanggal mulai bekerja harus ditampilkan, serta surat harus dibuat  satu bulan sebelum penyampaian berkas (batas waktu pengumpulan berkas tanggal 22 maret maka surat harus dikeluarkan antara tanggal 22 februari dan 22 maret). Berikut contoh sertificate of employment saya buat :

Setelah semua berkas kita isi lengkap, kita harus mengisi dokumen chek list yang disediakan di form pendaftaran. Form chek list berisi tentang dokumen-dokumen yang harus kita sampikan dalam proses pendaftaran. Kalau tidak ada aral melintang maka kalau kita lulus tahap seleksi administrasi, satu sampai dua minggu setelahnya (25 - 29 maret) akan ada wawancara dari kepala kantor KOICA indonesia. Jangan lupa berdoa dan bertawakkal kepada Allah dan mohon doa dari orang tua ya KUY...... 
Sampai ketemu ditulisan selanjutnya (bila ada yang mau nanya-nanya bisa DM IG, kalau ada kesempatan akan dibalas)


Jeju National Museum (Dokumntasi Pribadi)


IG : @muhamadfirmansyah2799
Sejong 1-Building
Daeyon 3 (sam)-Dong
Busan
Korea Selatan






Komentar