Haenduae Beach (Dokumentasi Pribadi)
GARIS START
KOICA APPLICATION FORM
Jam menunjukkan
pukul 22.00 WIB, tapi saya belum beranjak dari depan laptop. Walaupun besok harus
bangun pagi untuk mengejar bus paling pagi kebandara, entah mengapa saya masih
begitu gigih mengetik kata demi kata di form isian yang harus dikumpulkan 5
hari lagi. Ya, walaupun batas pengumpulan berkas ke KOICA Indonesia tanggal 22
Maret 2019, namun pihak SETNEG meminta berkas dikumpulkan paling lambat tanggal
15 Maret, dan tentunya dari kantor saya (BPPT) meminta untuk dikumpulkan 4 hari
lebih awal, yaitu tanggal 11 Maret 2019, tentunya karena PUSBINDIKLAT harus
mempersiapkan kelengkapan administrasi sebelum diserahkan ke SETNEG (formulir
pencalonan dari instansi/lembaga ke SETNEG).
Saya sudah mencoba
mencicil beberapa dokumen yang hanya tinggal mengisi, seperti KOICA application
form, yang memiliki beberapa bagian yaitu :
1.
APPLICANT INFORMATION
a.
Program Of Application
·
Program Title: Nama program/UNIVERSITAS
yang akan di daftar (biasanya terdapat pada buku pentunjuk masing-masing
universitas yang tersedia di BEASISWA KOICA), contoh untuk saya memilih “KOICA PKNU-Master’s Degree Program in Fisheries
Science”
·
Name of
Degree : Berisi tentang jurusan yang akan kita daftar, contoh
saya memilih “Master’s
Degree Program in Fisheries Science”
·
Duration : Lama
waktu studi, ini berbeda-beda tergantung universitas dan program yang dilih,
mulai dari 16-17 bulan (ini istimewanya, kita akan mendapat gelar master hanya
dengan menempuh pendidikan selama 16-17 bulan). Untuk kasus saya, durasi waktu
17 bulan mulai dari 06-29-2019 to 20-12-2020
{29 Juli (tanggal petama masuk korea)- 20 Desember 2020 (hari meninggalkan
korea)}
Untuk lama studi sebenarnya Cuma 16 bulan total,
tapi untuk universitas yang saya pilih PKNU, kita mendapatkan orientasi program
selama kurang lebih satu bulan. Dalam orientasi tersebut ada pengenalan mata
kuliah yang akan ditempuh selama masa studi, pengurusan administrasi
kemahasiswaan, pemilihan mata kuliah, dan tentunya pengenalan cara bertahan
hidup di negeri orang. Hehehehehehe (buat rekening bank, info tentang tempat
makan di kampus, tempat makan di dorm, pokoknya tentang hidup sehari-hari lah).
b. DATA PERSONAL
Bagian
ini berisi tentang informasi pribadi pelamar (kita) yaitu: Nama, Jenis Kelamin, Agama, Tanggal Lahir,
Kewarganegaraan, Airport keberangkatan, Alamat tempat tinggal dan Kontak Darurat
1 dan 2 (nama, email, dan nomor telpon).
c. PEKERJAAN TERAKHIR (Infomarsi Pekerjaan)
Nama lembaga/instansi/organisasi
tempat kita bekerja, Departemen (unit kerja), Posisi terakhir, Jenis institusi
kita (Pemerintah daerah atau pusat, instansi swasta atau pemerintah, atau NGO serta
Organisasi International)
Tugas Pokok
Ini bagian pentingnya, kita
diminta untuk menuliskan tugas pokok kita di Instansi (sudah kayak survei
KEMENPAN RB tentang REFORMASI BIROKRASI). Jadi kita harus tahu tugas pokok kita
dalam unit kerja/grup kerja kita. Lebih spesifik lagi kita diminta menuliskan
keahlian yang kita miliki, seperti kita bisa mengoprasikan alat PCR/real Time
PCR, alat uji kualitas air, ekstraksi
DNA, bisa melakukan SDS PAGE (tergantung masing-masing ya, ini hanya contoh). Tentunya
semua tugas pokok dan keahlian yang kita miliki harus sejalan dengan jurusan
yang akan kita daftar.
TOPIK atau TEMA yang ingin kita
pelajari di program yang akan kita daftar
Pada bagian ini kita harus mampu
menjelaskan bahwa topik/tema yang ingin kita pelajari di universitas tujuan harus
bisa mendukung/meningkatkan kompetensi kerja kita dimasa yang akan datang. Misalnya
contoh saya mendaftar tentang fisheries science pada topik akuakultur, maka
saya menjelaskan tentang pentingnya ilmu akuakultur tersebut pada institusi
saya. Misalnya program kerja instiusi kita pada tahun 2021 (setelah kita lulus)
akan berfokus pada pengembangan sistem akuakultur yang ramah lingkunga, maka
kita bisa menuliskan bahwa topik yang akan saya pelajari nanti (minat) akan memberi
dampak positif bagi pengembangan program akuakultur ramah lingkungan di
institusi kita tersebut.
Elaborasikan pemasalahan atau
tantangan yang akan kita selesaikan dengan mengikuti program beasiswa ini.
Pada bagian ini kita diminta
untuk menganalisis masalah organisasi atau tantangan di masyarakat yang ingin
kita selesaikan/tuntastakan dengan program yang akan kita daftar. Sebagai
contoh, misalnya masalah limbah dari kegiatan akuakultur yang mencemari
lingkungan. Dengan kita mengikuti program beasiswa ini nantinya ilmu yang kita
dapatkan bisa kita gunakan untuk membantu mengatasi polusi yang ditimbulkan
oleh kegiatan akuakultur.
Elaborasikan rencana tindak
lanjut/aplikasi dari permasalahan yang kita sebutkan sebelumnya berdasarkan
berdasarkan kelimuan yang akan kita pelajari.
Pada bagian ini kita diminta
untuk membuat rencana (action plan) cara mengaplikasikan ilmu yang nanti akan
kita dapatkan dari program untuk menyelasikan masalah yang kita sebutkan
dibagian sebelumnya. Sebagai contoh lagi misalnya kita akan membuat penelitian
atau pilot project teknologi akuakultur ramah lingkungan di darah pantai utara
jawa. Deskripsikan bagaimana penelitian itu akan kita lakukan dan bagaimana
penelitian itu akan menyelesaikan permasalahan lingkungan yang kita maksud
dibagian sebelumnya. .
d. Career Record
·
Riwayat Pekerjaan
Bagian ini seperti riwayat
pekerjaan. Pada bagian ini kita diminta menyebutkan riwayat pekerjaan yang pernah
kita lakukan, di Institusi apa, unit kerja apa, jabatan dan tanggung jawab yang
kita emban, serta tahun kita berada jabatan/posisi tersebut. Disini kita harus
mengisi secara urut dari tahun awal kita bekerja sampai tahun kita mendaftar. Contoh
saya mulai bekerja tahun 2013 dan mendaftar tahun 2019, maka riwayat pekerjaan
yang saya tulis dari tahun 2013-2019.
·
Riwayat
Pendidikan dan Pelatihan (Training)
Kita diminta mengisi riwayat
pendidikan yang sudah kita tempuh (hanya S1), serta training-training di luar
negri yang pernah kita ikuti. Mencakup institusi (nama universitas/lembaga
training, negara, kota dan tahun masuk serta lulus-Universitas/lembaga training.
e. Language Proficiency
Kemampuan bahasa kita. Kita diminta mengisi native
language, kemampuan bahasa inggris yang kita miliki (self assessement) mulai
dari speaking, reading, writing, dan Listening (nanti di bagian dokumen kita akan
diminta mencantumkan skor test bahasa inggris kita-masih menerima toefl ITP), tapi
itu pun tidak wajib (hanya optional) dan tentu akan mendapat nilai tambah jika
skornya tinggi.
f. Others
Bagian ini berisi tentang jenis makanan yang
kita tidak bisa konsumsi seperti daging, babi, ayam atau yang lainnya. Bagi saya
yang beraga islam, saya menulis tidak makan babi, daging, ayam (hanya makan
ikan dan telur saja)-tergantung masing-masing.
2. TERMS & CONDITIONS
Disini berisi tentang peraturan-peraturan yang
harus kita pahami selama mengikuti program beasiswa KOICA. Beberapa hal penting
yang layak di menjadi perhatian yaitu :
·
Mengizinkan
data yang telah kita sampaikan sebelumnya digunakan oleh pihak KOICA untuk
kepentingan pengurusan administrasi selama di KOREA.
·
Ketentuan
yang menyebabkan hilangnya status beasiswa seperti :
Menyampaikan
data palsu saat mendaftar beasiswa, Melanggar hukum di korea, ikut kegiatan
poltik, meninggalkan korea tanpa izin KOICA dan Universitas. (Boleh Meninggalkan Korea Asal Mendapat Izin Dan Allowence
Akan Di Potong Sejumlah Hari Kita Meninggalkan Korea).
·
Tidak
diizinkan membawa keluarga saat menjalani pendidikan.
·
Mengikuti
semua aturan yang ditetapkan KOICA dan universitas.
Selengkapnya bisa dibaca di formnya
ya....hehehehhehehe.
Setelah kita membaca dan memahami syarat dan
ketentuan di form tersebut, kita akan menandatangani “declaratiaon form” yang
menyatakan bahwa kita menyamoaikan data yang sebenar-benarnya, memahami dan siap mematuhi peraturan dan
ketetapan yang telah ditetapkan, serta bersedia mendapatkan sanksi apabila
melanggar aturan yang telah disampaikan.
3.
MEDICAL HISTORY QUESTIONAIRE
Berisi data (riwayat) kesehatan yang kita punya, seperti
obat-obatan yang tengah kita konsumsi, tidak hamil (bagi wanita), pernah atau
sedang menjalani pengobatan yang berkaitan dengan gangguan kejiwaan, darah
tinggi, diabetes, penyakit yang pernah kita alamai (apakah sudah sembuh atau
tidak). Setelah lengkap, kemuddian kita tanda tangani.
4.
NOMINATION
Ada dua bagian yaitu :
·
Bagian satu,
kita harus dinominasikan oleh atasan yang mewakili instantsi kita, (ada format
khususnya, termasuk di form yang kita isi), kemudian ditandatanagni atasan
kita, disertai stempel resmi lembaga.
·
Bagian dua,
kita harus membuat struktur organisasi dari lembaga kita bekerja (mulai dari level
direktur/unit kerja, sampai posisi kita), dan posisi kita harus jelas berada
pada level apa.
Oh iya,
terakhir, semua form ini diisi menggunakan bahsa inggris ya, jadi bagi yang
ingin mendaftar di 2020 nanti, bisa mulai mencicil berdasarkan format yang
tersedia di tahun 2019 (tapi harus diperhatikan biasanya ada beberapa perubahan).
Pantengin terus https://www.facebook.com/koicaindonesia/
untuk update informasinya KUY.
Sampai ketemu di tulisan selanjutnya.....
follow me at :
https://www.instagram.com/firmansyahmuhamadkholik/
follow me at :
https://www.instagram.com/firmansyahmuhamadkholik/
Komentar
Posting Komentar