MENGISI KOICA APPLICATION FORM (Beasiswa KOICA-Korea)

Haenduae Beach (Dokumentasi Pribadi)

GARIS START
KOICA APPLICATION FORM

Jam menunjukkan pukul 22.00 WIB, tapi saya belum beranjak dari depan laptop. Walaupun besok harus bangun pagi untuk mengejar bus paling pagi kebandara, entah mengapa saya masih begitu gigih mengetik kata demi kata di form isian yang harus dikumpulkan 5 hari lagi. Ya, walaupun batas pengumpulan berkas ke KOICA Indonesia tanggal 22 Maret 2019, namun pihak SETNEG meminta berkas dikumpulkan paling lambat tanggal 15 Maret, dan tentunya dari kantor saya (BPPT) meminta untuk dikumpulkan 4 hari lebih awal, yaitu tanggal 11 Maret 2019, tentunya karena PUSBINDIKLAT harus mempersiapkan kelengkapan administrasi sebelum diserahkan ke SETNEG (formulir pencalonan dari instansi/lembaga ke SETNEG).
Saya sudah mencoba mencicil beberapa dokumen yang hanya tinggal mengisi, seperti KOICA application form, yang memiliki beberapa bagian yaitu :
1.    APPLICANT INFORMATION
a.    Program Of Application
·         Program Title:  Nama program/UNIVERSITAS yang akan di daftar (biasanya terdapat pada buku pentunjuk masing-masing universitas yang tersedia di BEASISWA KOICA), contoh untuk saya memilih KOICA PKNU-Master’s Degree Program in Fisheries Science”
·         Name of Degree : Berisi tentang jurusan yang akan kita daftar, contoh saya memilih “Master’s Degree Program in Fisheries Science”
·         Duration : Lama waktu studi, ini berbeda-beda tergantung universitas dan program yang dilih, mulai dari 16-17 bulan (ini istimewanya, kita akan mendapat gelar master hanya dengan menempuh pendidikan selama 16-17 bulan). Untuk kasus saya, durasi waktu 17 bulan mulai dari 06-29-2019 to 20-12-2020 {29 Juli (tanggal petama masuk korea)- 20 Desember 2020 (hari meninggalkan korea)}

Untuk lama studi sebenarnya Cuma 16 bulan total, tapi untuk universitas yang saya pilih PKNU, kita mendapatkan orientasi program selama kurang lebih satu bulan. Dalam orientasi tersebut ada pengenalan mata kuliah yang akan ditempuh selama masa studi, pengurusan administrasi kemahasiswaan, pemilihan mata kuliah, dan tentunya pengenalan cara bertahan hidup di negeri orang. Hehehehehehe (buat rekening bank, info tentang tempat makan di kampus, tempat makan di dorm, pokoknya tentang hidup sehari-hari lah).

b.    DATA PERSONAL
Bagian ini berisi tentang informasi pribadi pelamar (kita) yaitu:  Nama, Jenis Kelamin, Agama, Tanggal Lahir, Kewarganegaraan, Airport keberangkatan, Alamat tempat tinggal dan Kontak Darurat 1 dan 2 (nama, email, dan nomor telpon).
c.    PEKERJAAN TERAKHIR (Infomarsi Pekerjaan)
Nama lembaga/instansi/organisasi tempat kita bekerja, Departemen (unit kerja), Posisi terakhir, Jenis institusi kita (Pemerintah daerah atau pusat, instansi swasta atau pemerintah, atau NGO serta Organisasi International)
Tugas Pokok
Ini bagian pentingnya, kita diminta untuk menuliskan tugas pokok kita di Instansi (sudah kayak survei KEMENPAN RB tentang REFORMASI BIROKRASI). Jadi kita harus tahu tugas pokok kita dalam unit kerja/grup kerja kita. Lebih spesifik lagi kita diminta menuliskan keahlian yang kita miliki, seperti kita bisa mengoprasikan alat PCR/real Time PCR,  alat uji kualitas air, ekstraksi DNA, bisa melakukan SDS PAGE (tergantung masing-masing ya, ini hanya contoh). Tentunya semua tugas pokok dan keahlian yang kita miliki harus sejalan dengan jurusan yang akan kita daftar.
TOPIK atau TEMA yang ingin kita pelajari di program yang akan kita daftar
Pada bagian ini kita harus mampu menjelaskan bahwa topik/tema yang ingin kita pelajari di universitas tujuan harus bisa mendukung/meningkatkan kompetensi kerja kita dimasa yang akan datang. Misalnya contoh saya mendaftar tentang fisheries science pada topik akuakultur, maka saya menjelaskan tentang pentingnya ilmu akuakultur tersebut pada institusi saya. Misalnya program kerja instiusi kita pada tahun 2021 (setelah kita lulus) akan berfokus pada pengembangan sistem akuakultur yang ramah lingkunga, maka kita bisa menuliskan bahwa topik yang akan saya pelajari nanti (minat) akan memberi dampak positif bagi pengembangan program akuakultur ramah lingkungan di institusi kita tersebut.
Elaborasikan pemasalahan atau tantangan yang akan kita selesaikan dengan mengikuti program beasiswa ini.
Pada bagian ini kita diminta untuk menganalisis masalah organisasi atau tantangan di masyarakat yang ingin kita selesaikan/tuntastakan dengan program yang akan kita daftar. Sebagai contoh, misalnya masalah limbah dari kegiatan akuakultur yang mencemari lingkungan. Dengan kita mengikuti program beasiswa ini nantinya ilmu yang kita dapatkan bisa kita gunakan untuk membantu mengatasi polusi yang ditimbulkan oleh kegiatan akuakultur.
Elaborasikan rencana tindak lanjut/aplikasi dari permasalahan yang kita sebutkan sebelumnya berdasarkan berdasarkan kelimuan yang akan kita pelajari.
Pada bagian ini kita diminta untuk membuat rencana (action plan) cara mengaplikasikan ilmu yang nanti akan kita dapatkan dari program untuk menyelasikan masalah yang kita sebutkan dibagian sebelumnya. Sebagai contoh lagi misalnya kita akan membuat penelitian atau pilot project teknologi akuakultur ramah lingkungan di darah pantai utara jawa. Deskripsikan bagaimana penelitian itu akan kita lakukan dan bagaimana penelitian itu akan menyelesaikan permasalahan lingkungan yang kita maksud dibagian sebelumnya. .
d.    Career Record
·         Riwayat Pekerjaan
Bagian ini seperti riwayat pekerjaan. Pada bagian ini kita diminta menyebutkan riwayat pekerjaan yang pernah kita lakukan, di Institusi apa, unit kerja apa, jabatan dan tanggung jawab yang kita emban, serta tahun kita berada jabatan/posisi tersebut. Disini kita harus mengisi secara urut dari tahun awal kita bekerja sampai tahun kita mendaftar. Contoh saya mulai bekerja tahun 2013 dan mendaftar tahun 2019, maka riwayat pekerjaan yang saya tulis dari tahun 2013-2019.
·         Riwayat Pendidikan dan Pelatihan (Training)
Kita diminta mengisi riwayat pendidikan yang sudah kita tempuh (hanya S1), serta training-training di luar negri yang pernah kita ikuti. Mencakup institusi (nama universitas/lembaga training, negara, kota dan tahun masuk serta lulus-Universitas/lembaga training.
e.    Language Proficiency
Kemampuan bahasa kita. Kita diminta mengisi native language, kemampuan bahasa inggris yang kita miliki (self assessement) mulai dari speaking, reading, writing, dan Listening (nanti di bagian dokumen kita akan diminta mencantumkan skor test bahasa inggris kita-masih menerima toefl ITP), tapi itu pun tidak wajib (hanya optional) dan tentu akan mendapat nilai tambah jika skornya tinggi.
f.     Others
Bagian ini berisi tentang jenis makanan yang kita tidak bisa konsumsi seperti daging, babi, ayam atau yang lainnya. Bagi saya yang beraga islam, saya menulis tidak makan babi, daging, ayam (hanya makan ikan dan telur saja)-tergantung masing-masing.
2.      TERMS & CONDITIONS
Disini berisi tentang peraturan-peraturan yang harus kita pahami selama mengikuti program beasiswa KOICA. Beberapa hal penting yang layak di menjadi perhatian yaitu :
·           Mengizinkan data yang telah kita sampaikan sebelumnya digunakan oleh pihak KOICA untuk kepentingan pengurusan administrasi selama di KOREA.
·           Ketentuan yang menyebabkan hilangnya status beasiswa seperti :
Menyampaikan data palsu saat mendaftar beasiswa, Melanggar hukum di korea, ikut kegiatan poltik, meninggalkan korea tanpa izin KOICA dan Universitas. (Boleh Meninggalkan Korea Asal Mendapat Izin Dan Allowence Akan Di Potong Sejumlah Hari Kita Meninggalkan Korea).
·           Tidak diizinkan membawa keluarga saat menjalani pendidikan.
·           Mengikuti semua aturan yang ditetapkan KOICA dan universitas.
Selengkapnya bisa dibaca di formnya ya....hehehehhehehe.
Setelah kita membaca dan memahami syarat dan ketentuan di form tersebut, kita akan menandatangani “declaratiaon form” yang menyatakan bahwa kita menyamoaikan data yang sebenar-benarnya,  memahami dan siap mematuhi peraturan dan ketetapan yang telah ditetapkan, serta bersedia mendapatkan sanksi apabila melanggar aturan yang telah disampaikan.
3.    MEDICAL HISTORY QUESTIONAIRE
Berisi data (riwayat) kesehatan yang kita punya, seperti obat-obatan yang tengah kita konsumsi, tidak hamil (bagi wanita), pernah atau sedang menjalani pengobatan yang berkaitan dengan gangguan kejiwaan, darah tinggi, diabetes, penyakit yang pernah kita alamai (apakah sudah sembuh atau tidak). Setelah lengkap, kemuddian kita tanda tangani.
4.    NOMINATION
Ada dua bagian yaitu :
·           Bagian satu, kita harus dinominasikan oleh atasan yang mewakili instantsi kita, (ada format khususnya, termasuk di form yang kita isi), kemudian ditandatanagni atasan kita, disertai stempel resmi lembaga.
·           Bagian dua, kita harus membuat struktur organisasi dari lembaga kita bekerja (mulai dari level direktur/unit kerja, sampai posisi kita), dan posisi kita harus jelas berada pada level apa.
Oh iya, terakhir, semua form ini diisi menggunakan bahsa inggris ya, jadi bagi yang ingin mendaftar di 2020 nanti, bisa mulai mencicil berdasarkan format yang tersedia di tahun 2019 (tapi harus diperhatikan biasanya ada beberapa perubahan). Pantengin terus https://www.facebook.com/koicaindonesia/ untuk update informasinya KUY.
Sampai ketemu di tulisan selanjutnya.....

follow me at :
https://www.instagram.com/firmansyahmuhamadkholik/

Komentar