Manfaat Pohon



Permasalahan pemanasan global (global warming) banyak sekali orang yang membicarakannya. Lapisan ozon yang menipis, suhu yang semakin panas menjadi berita penting. Namun sebenarnya pemanasan global sudah terjadi sejak awal mula bumi ini terdapat kehidupan tumbuh-tumbuhan. Bakteri dan ganggang yang saat itu ada lebih dahulu merupakan makhluk hidup yang paling banyak memberi sumbangan terbesar terjadinya kenaikan suhu bumi. Melalui proses respirasi yang dilakukan, menjadikan kadar karbondioksida (CO2) sebagai gas buang jumlahnya di lingkungan atmosfer meningkat. Peningkatan suhu tersebut mengakibatkan es yang ada di kutub mencair. Bumi yang pada awalnya tertutupi oleh es mulai tampak daratan yang sebenarnya. Hal tersebut tidak memberi pengaruh negatif yang besar terhadap kehidupan di bumi sebab alam mempunyai kemampuan untuk tetap menjaga keadaan agar tetap seimbang.

Munculnya manusia dan berkembangnya secara cepat menyebabkan semakin banyak pula gas sisa hasil pembakaran yang ada di atmosfer. Pemanasan global tidak dapat kita cegah, namun setidaknya kita dapat mengurangi dampak negatif yang ditimbulkannya
1. Menjaga (kalau perlu menambah) jumlah tanaman (pohon) yang ada merupakan
salah satu cara yang dapat dilakukan.
2. Memangkas (bukan menebang) pohon besar dilingkungkan kita.
3. Mengurangi (menggunakan seefisien mungkin) penggunaan bahan bakar yang dapat
menyebabkan pencemaran lingkungan.
4. Menghemat (kalau perlu di daur ulang) penggunaan bahan kebutuhan sehari-hari yang berasal dari pohon (kertas misalnya) yang dapat kita manfaatkan kembali.
Kalau kita menjaga pohon tetap ada di lingkungan ini, kita akan mendapatan berbagai manfaat yang berkelanjutan. Akar pohon yang kita tanam secara nyata sangat bermanfaat. Akar dapat berfungsi menyimpan air dan mineral terlarut, konduksi, pengokoh dan penyimpan cadangan makanan. Pohon dengan daun dan batang yang dimilikinya dapat menyerap CO2 (yang bersifat racun bagi hewan dan manusia) yang ada di lingkungan untuk digunakan dalam fotosintesis, pohon akan menghasilkan oksigen (O2) sebagai hasil dari proses fotosintesis, dan pohon akan menghasilkan zat makanan, buah, sayuran, bahan bakar dan lain-lain dari hasil fotosintesis yang dilakukannya. Pohon dapat menahan sinar matahari yang jatuh ke permukaan bumi sehingga mengurangi penguapan (evaporasi).

Komentar