Dmokrasi itu Haramkah?

Ass.Wr.Wb
Hari ini saya berdebat dengan orang yang mengatakan demokrasi itu haram. Saya termasuk orang yang meyakini demokrasi itu tidak haram.
Sebagai awal dari opini ini saya mengajak dan mengusik sedikit logika saudara semuanya, dengan beberapa analisa berikut?
1. Apa makna dari halal dan haram,,,,,,
Haram dalam islam berarti bahwa sesuatu hal yang salah bila kita kerjakan, dan tentu balasannya adalah dosa. Orang yang mengaggap demokrasi itu haram berarti telah mengatakan semua orang indonesia berdosa, karena hidup dalam sitem yang haram. Termasuk juga orang yang menganggap demokrasi itu haram tentu berdosa, karena mereka masih tinggal di indonesia, ini menurut apa yang meraka katakan.
Namun, masaalah dosa dan pahala, halal dan haram dari suatu zat atau hal, atau benda, atau apapun itu adalah murni hak Allah SWT, kita manusia tidak berhak mengharamkan sesuatu yang Allah sendiri belum mengatakan itu haram, termasuk demokrasi tersebut.
Apakah ada ayat yang mengatakan demokrasi itu haram, setegas haramnya riba, khamer, berzina, makan babi dan anjing? silahkan anda tanya pada orang yang menganggap demokrasi itu haram, dan mereka tidak akan pernah mendapatkan ayat seperti itu. Ayat yang mereka gunakan mereka artikan sepotong-sepotong tanpa menerima pendsapat dan bantahan dari orang-orang yang lebih berilmu dari mereka. Mereka cuma membahas demokrasi itu haram hanya berdasarkan majalah dan selebaran yang dibagikan, bukan dengan kitab-kitab karangan imam syafii, imam hambali, imamam maliki, dan imam syafawi. Sebab, mereka akan kalah dalam berdalil jika mereka menganalisis demokrasi berdasarkan pendapat imam itu.
Maka, bagi semua saudaraku, apakah engkau akan percaya pada orang yang menganalisis tentang demokrasi hanya dari majalah, selebaran, atau orang yang menganalisis demokrasi dari kitab-kitab, tafsir al-Qur"an, dan pendapat orang-orang alim yang merupakan pewaris nabi?
semoga allah meridhoi apa yang kita lakukan dan selalu membimbing kita ke jalan yang lurus,,,,amin...alfatihah

Komentar

  1. sebenarnya masalah ini tidak terlalu menarik.......
    Allah SWT. telah membuat smuanya berpasang-pasangan, hitam dan putih, kaya miskin, tinggi rendah, baik buruk, dan terjadi disini adalah setuju dan tidak setuju...
    itu akan tetap berlansung sampai waktunya...
    bagaimana jika semua orang setuju, sepertinya ada kepincangan. sehingga silahkan saja pegang apa yang anda yakini...

    BalasHapus

Posting Komentar