Harga & Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy S20, S20 Plus dan S20 Ultra

Samsung S20, S20 Plus dan S20 Ultra (Samsung.com)

Selamat Datang S20, S20 Plus dan S20 Ultra

Akhirnya, tepat 11 Februari 2020, jam 11, bertempat di San Fransisco, Amerika Serikat samsung memperkenalkan anggota baru seri S mereka. Seperti perkiraan beberapa pengamat bahwa smartphone ini tidak akan tidak akan diberi nama seperti smartphone seri S sebelumnya (S1-S10) yaitu galaxy S11. Smartphone flagship terbaru samsung ini diberi nama samsung galaxy S20, melopat jauh sekali hingga 10 langkah kedepan, namun apakah teknologi yang ditawarkan juga memiliki lompatan yang juga begitu, simak penjelasan berikut berdasarkan beberapa sumber yang dikumpulkan oleh tim penulis :

Samsung Glaxy S20

Samsung Galaxy S20 (androidauthority.com)

Samsung galaxy S20 dibekali dengan layar 6,2 inci yang merupakan layar paling kecil di generasi ini, namun tenang saja, walaupun dibekali layar yang lebih kecil dibandingkan yang lain, S20 ini juga memiliki spek layar yang mumpuni, resolusi maksimalnya tetap sama dengan model Samsung Galaxy S terbaru yang memiliki kualitas WQHD + (3040 x 1440). Namun, pada setingan defaultnya (normal) samsung memasang seting Full HD + (2220 x 1080) untuk lebih menghemat baterai, namun Full HD+ ini terlihat lebih tajam. Pada S20 ini juga, samsung telah meningkatkan sensitivitas sentuhan hingga 240Hz untuk membuat pengalaman bermain game lebih menarik karena lebih responsif, dengan "feel" sentuhan di layar terasa lebih cepat dari sebelumnya. Peningkatan ukuran layar yang menjadi 6,2 inch (dibandingkan seri S10) mungkin mengkhawatirkan sebagian pengguna yang memiliki tangan yang imut, namun meskipun demikian, samsung Galaxy S20 lebih tipis dari S10, (kurang dari 1 cm), namun dibuat lebih tinggi hingga menghasilkan layar dengan rasio aspek 20: 9. Akan ada tiga warna Galaxy S20: Cloud Blue, Cloud Pink dan Cosmic Grey dan ketersediannya tergantung dari lokasi negara ya. 

Galaxy S20 menawarkan upgrade kamera terbesar sejak Galaxy S7 menggantikan S6, dan hal tersebut banyak hubungannya dengan fakta bahwa ketiga kamera belakang menawarkan sensor yang lebih besar. Ketiga kamera tersebut merupakan faktor perangkat keras (hardware) paling penting yang menentukan kualitas gambar, mengingat fakta bahwa kamera smartphone  menggunakan sensor kecil. Spesifikasi kamera dari samsung galaxy S20 ini adalah:  kamera utama 12 MP, memiliki aperture f / 1.8. Secara teoritis lebih rendah dari bukaan ganda f / 1.5 + f / 2.4 pada S10, yang berubah tergantung pada kondisi pencahayaan (f / 1.5 menarik lebih banyak cahaya untuk bidikan cahaya rendah yang ditingkatkan). Namun Samsung telah meningkatkan ukuran piksel dari 1,4 mikron menjadi 1,8 mikron. Dikombinasikan dengan sensor yang lebih besar, Anda akan menangkap lebih banyak detail dan cahaya pada Galaxy S20. Upgrade besar juga terjadi pada kamera telefoto 64 MP yang baru, terlihat peningkatan besar dibandingkan kamera telefoto 12MP pada seri S10, dengan apertur  f / 2.4. Kamera ultra-wide 12 MP pada Galaxy S20 perubahannya tidak begitu besar, namun tetap dibekali dengan sensor yang lebih besar, piksel lebih besar (1,4 mikron dari 1 mikron tahun lalu), dengan aperture f / 2.2. Itu akan membuat foto ultra-wide anda menjadi jauh lebih baik. 

Galaxy S20 membuat terobosan baru dengan memperkenalkan perekaman video 8K dan koreksi anti-roll (hingga 60 derajat) sebagai bagian dari fitur stabilisasi Super Steady. Hanya saja, jangan berharap untuk dapat menggunakan resolusi yang lebih tinggi ini dan teknologi stabilisasi canggih Samsung pada saat yang sama - Super Steady masih benar-benar urusan 1080p (bahkan tidak bekerja dalam 4K). Rekaman 8K, terbatas pada 24fps, memiliki satu manfaat besar: Anda akan dapat memotong dan mengedit video tanpa mengorbankan kualitas jika Anda mengekspor ke 4K atau 1080p. Tetapi masih dalam masa pertumbuhan pada smartphone, dan kami masih membayangkan bahwa kebanyakan orang akan memotret dalam 4K, di mana Anda bisa mendapatkan lebih banyak kontrol atas frame per detik, 20x video zoom (8K terjebak pada 6x zoom), dan file yang lebih kecil ( Rekaman 8K akan memakan sekitar 600MB per menit dalam format HEVC). 

Samsung telah melengkapi Galaxy S20 dengan baterai 4.000 mAh, lebih tinggi dari kapasitas 3.400 mAh pada S10. Untuk dapur pacunya, S20 dilengkapi dengan chipset 7nm, Snapdragon 865  (untuk pasar AS) dan chipset Samsung Exynos 990 untuk pasar global. Dibekali dengan RAM 12GB, dan penyimpanan internal 128GB, dengan slot kartu micro SD  hingga 1TB. Dengan Pengisian daya 'Super Cepat' (Super Fast Charging), dengan charger bawaan  25W membuat HP ini bisa digunakan untuk menemani aktivitas keseharian sahabat semua.

Samsung Glaxy S20 Plus

.Samsung Glaxy S20 Plus Varian Biru dan Hitam (https://www.somagnews.com)

Samsung Galaxy S20 Plus memiliki layar 6,7 inci, yang merupakan lompatan dari pendahulunya 6,4 inci, meskipun tidak selebar telapak tangan seperti layar Galaxy S20 Ultra 6,9 inci. Dengan layar AMOLED, dengan infinity 0 yang menurut Samsung memilii ukuran 55% lebih kecil dari lubang pada seri ponsel S10, sehingga nyaris tidak terlihat ketika Anda menggunakan telepon, meskipun itu masih lebih mengganggu daripada kamera pop-up. Dengan resolusi layar 3200 x 1440, Wide Quad High-Definition Plus (WQHD +), yang merupakan langkah awal menuju  2K, namun  tidak cukup mencapai resolusi 4K seperti beberapa HP lainnya. Sama seperti HP lainnya, layar S20 Plus dapat ke resolusi yang lebih rendah untuk menghemat baterai, namun tetap saja, kualitas layar S20 plus ini adalah salah satu tampilan beresolusi tinggi terbaik yang dapat Anda temukan sekarang.

Selain itu juga, pada samsung galaxy S20 Plus ini kita juga mendapatkan kecepatan refresh hingga 120Hz, yang berarti layar memperbarui gambar yang kita lihat 120 kali per detik, dua kali lebih cepat dari layar ponsel pada umumnya. Secara teori, ini berarti gerakannya lebih halus daripada yang seharusnya, yang tentunya akan sangat memanjakan para pengguna smartphone yang sering memaikan media sosial dan bermain game. Namun pada seri S20 Plus ini, kita tidak dapat menikmati resolusi tinggi dan resfresh rate 120Hz secara bersamaan, karena kita arus memilih  dapat mengaktifkan opsi resolusi teratas atau frame rate tertinggi, bukan keduanya, sehingga kita dapat memiliki WQHD + pada 60Hz, atau menikmati kecepatan refresh 120Hz yang lebih cepat, tetapi hanya pada resolusi Full HD +. Karena kecepatan refresh yang tinggi dan resolusi yang tajam sama-sama populer di layar ponsel pintar, aneh bahwa Samsung membuat penggemar ponsel harus memilih, mengingat ponsel lain memanjakan penggunanya dengan kecepatan refresh tinggi dan layar yang bagus.

Samsung Galaxy S10 Plus bukan ponsel yang paling menakjubkan, tetapi setidaknya berbeda dengan smartphone lainnya, dengan blok kamera horizontal dan bingkai logam yang apik, layar melengkung yang mebuatnya begitu terasa mewah dalam genggaman  tangan. Galaxy S20 Plus kini terlihat jauh lebih umum dibandingkan S10. Pertama, blok kamera belakang telah bergeser ke kiri atas, posisi yang sama yang telah kita lihat pada di banyak smartphone keluaran tahun 2019 dan 2020. Bagian belakang kaca (bukan keramik) tidak terasa enak untuk dipegang, dan penempatan kamera depan yang meskipun di klain 55% lebih kecil dari seri sebelumnya, namun tetap saja kehadirannya dianggap menggangu bagi sebagian orang meskipun lebih baik dari "poni" yang begitu mengganu kenikmatan ketika menonton video di kamera HP. Kemungkinan ada alasan untuk perubahan pada kamera dan material, seperti penggunaan ruang yang optimal di dalam perangkat dan perlindungan yang lebih baik, tetapi hasilnya adalah bahwa Galaxy S20 Plus terasa kurang seperti 'ponsel Samsung' yang kita inginkan.

Kita akan mendapatkan empat kamera belakang pada Samsung Galaxy S20 Plus. Itu angka yang sama seperti pada Galaxy S10 Plus, dan penempatannya mungkin tidak terlihat, tetapi ada beberapa peningkatan penting. Kamera utama  memiliki sensor 12MP, dengan aperture f / 1.8, Galaxy S10 memiliki aperture variabel f ​​/ 1.5 dan f / 2.4, jadi bisa dibilang kamera utama S20 sebenarnya sedikit kurang fleksibel, namun karena sensor kamera utama S20 sebenarnya sedikit lebih besar, sehingga kemungkinan kualitas gambar akan lebih baik. Kamera utama di sini memiliki sensor 12MP, dengan aperture f / 1.8 - telepon Galaxy S10 memiliki aperture variabel f ​​/ 1.5 dan f / 2.4, jadi bisa dibilang kamera utama S20 sebenarnya sedikit kurang fleksibel. Mengatakan itu, ukuran sensor kamera utama S20 sebenarnya sedikit lebih besar, sehingga kemungkinan kualitas gambar akan lebih baik - kami akan menempatkan kamera melalui langkah-langkahnya dengan baik untuk ulasan lengkap kami.

Ada juga kamera ultra-wide dengan lensa 12MP dan aperture f / 2.2. Perlu dicatat bahwa kamera ultra-wide S10 memiliki sensor 16MP, sehingga resolusinya sebenarnya sedikit downgrade, tetapi sekali lagi peningkatan ukuran sensor masih dapat mengakibatkan kualitas gambar menjadi lebih baik. Meskipun begitu perbedaan yang dihasilkan tida terlihat sangat mencolok, dan gambar ultra-wide yang dihasilkan masih tampak hebat. Peningkatan terbesar terlihat pada kamera zoom, kini kita bisa melupakan kamera telefoto 12MP pada S10: S20 Plus memiliki kamera 64MP dengan lensa telefoto yang memfasilitasi 3x optical zoom, serta 30x digital zoom. Walaupun ini bukan kemampuan zoom terhebat yang pernah ada, masih kalah dari  S20 Ultra dengan 10x optical / 100x digital zoom (serta banyak ponsel non-Samsung), ini masih sangat serbaguna dan memungkinkan Anda untuk masih mengambil gambar yang bagus meskipun jarak tanpa perlu memikirkan jarak sebagai penghalang.

Tergantung di mana Anda tinggal di dunia, Samsung Galaxy S20 Plus datang dengan Qualcomm Snapdragon 865 atau prosesor Exynos 990 milik Samsung. Kami belum yakin dengan pasti per negara, karena rumor menyarankan Samsung mempertimbangkan menghentikan kebiasaannya menggunakan Snapdragon di AS dan Cina dan Exynos di tempat lain. Chipset Snapdragon 865 memiliki modem 5G, jadi handset Samsung Galaxy S20 Plus dengan chipset ini adalah ponsel 5G, sementara negara-negara yang mungkin menggunakan perangkat Exynos akan berakhir dengan ponsel 4G. Di Inggris dan AS, hanya versi 5G yang tersedia tetapi Samsung merilis beberapa versi 4G dari S20 dan S20 Plus di berbagai daerah, jadi tergantung di mana Anda tinggal, Anda bisa mendapatkan versi 4G jika Anda memang menginginkannya (jika Anda menginginkannya).

Samsung Glaxy S20 Ultra


 S20 ULTRA COMERCIAL VIDEO

Samsung Galaxy S20 Plus dan S20 Ultra adalah ponsel besar dengan desain yang sangat mirip. Perbedaan yang paling nyata adalah bahwa S20 Ultra lebih besar di setiap dimensi dan jauh lebih berat. Bagian belakang kaca melengkung pada keduanya, tetapi modul kamera di kiri atas terlihat berbeda pada Ultra - lebih lebar dan memiliki "Space Zoom 100X" tertulis di atasnya. S20 Ultra memiliki layar AMOLED 6,9 inci yang sedikit lebih besar sedangkan S20 Plus memiliki layar AMOLED 6,7 inci. Kedua layar berkualitas tinggi; mereka bersertifikat HDR10 + dan membanggakan kecepatan refresh 120Hz yang membuat nuansa halus seperti sutra dan akan menyenangkan para gamer khususnya. Karena layar S20 Plus sedikit lebih kecil itu adalah sentuhan yang lebih tajam, tetapi perbedaannya sangat kecil sehingga tidak akan terlihat. Ada sertifikat IP68 untuk kedua ponsel, yang artinya dapat terendam dalam air tawar hingga kedalaman hingga 1,5 meter selama 30 menit tanpa kerusakan. Kita akan dimanjakan dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 865 yang sangat mumpuni di S20 Plus dan S20 Ultra, meskipun di beberapa lokasi/negara akan mendapatkan chipset Samsung Exynos 990 sebagai gantinya. Dengan 12GB RAM dan 128GB penyimpanan terkecil, dan dapat di tingkatkan dengan kartu MicroSD. Kedua ponsel ditawarkan dalam varian penyimpanan 512GB, namun S20 Ultra memiliki RAM ekstra hingga 16GB dalam model yang lebih mahal.

Ultra adalah tentang tiga hal: layar besar 6.9 inci 120Hz, susunan kamera belakang quad-lens yang menawarkan tingkat zoom gila dan perekaman video 8K, dan antena 5G yang memungkinkan kecepatan lebih tinggi. Kamera 108MP S20 Ultra menangkap begitu banyak detail dalam cahaya yang baik sehingga kita dapat memotong gambar tanpa kehilangan kualitas.  Lensa telefoto 48MP memungkinkan kita untuk lebih dekat dengan objek yang jauh berkat 10x optical dan 100x digital zoom, jauh melebihi 2x optikal zoom dan  10x digital zoom  dari ponsel Samsung sebelumnya, dan 6x digital zoom terbatas pada iPhone 11 Pro. 

Dengan chipset 7nm (Qualcomm Snapdragon 865 di AS atau Samsung Exynos 990 di Inggris dan Eropa), 12GB atau 16GB atau RAM, 128GB atau 512GB penyimpanan internal, dan slot kartu microSD untuk penyimpanan hingga 1 TB. Pengisian daya Samsung 'Super Cepat' pada S20 Ultra, hingga 45W dengan pengisi daya opsional dan 25W dengan pengisi daya yang disertakan dalam kemasan. Itu mencerminkan apa yang kami lihat di Galaxy Note 10 Plus, seperti halnya pengisian wireless ultra cepat hingga 15W.  

Tertarik? 
Untuk harga, S20 dibanderol mulai dari  Rp. 12.9990.000, S20 Plus mulai dari Rp 14.499.000 dan tentunya S20 Ultra dihargai mulai dari Rp. 18.499.000

Selamat menabung.














Komentar