Asteriidae




Informasi Umum


Sub klas Asteriidae merupakan dikotiledone dengan bentuk habitus herba atau berkayu. daun kebanyakan daun tunggal dan beberapa saja yang majemuk. Stamen biasanya menempel pada tabung corolla (kadang-kadang hanya pada bagian dasar tabung saja atau bahkan lepas). satamen tidak sama dengan jumlah petal. pada tumbuhan yang apetal, jumlah atamen kurang dari 5, kecuali pada Theloginaceae. Plasentasi bermacam-macam ada yang axilar, parietal, basal, apical, dan juga centralis.

Kurang lebih sepertiga spesies ini ini termasuk dalam famili Asteraceae, yang merupakan famili terbesar dalam dikotiledonae. untuk keperluan pengenalan praktis, Asteriidae dapat dibedakan dari dikotiledonae yang lain berdasarkan keadaan bunganyayang sympetal, stamennya isomer, dan posisinya bergantiandengan lobus corolla, atau kurang dari jumlah lobus corolla. hanya kurang dari 1% anggota asteriidae yang tidak memenuhi kriteria ini dan juga hanya sekitar 1% non asteriidae yang mempunyai kriteria seperti diatas. Karena itu kriteria di atas dapat digunakan sebagai ciri khas anggota sub-class Asteriidae.

Asteridae adalah nama botani usang di pangkat subclass. Komposisi subclass juga bervariasi; Namun, menurut definisi itu selalu termasuk keluarga Asteraceae (Compositae). Dalam sistem klasifikasi APG IV modern, asterid dan euasterid adalah nama untuk clades dengan komposisi yang mirip dengan Asteridae. Salah satu sistem yang lebih dikenal dan lebih berpengaruh yang secara formal diakui subclass Asteridae adalah sistem Cronquist yang dirancang oleh ahli botani Arthur Cronquist, yang termasuk perintah: Gentianales Solanales Lamiales Callitrichales Plantaginales Scrophulariales Campanulales Rubiales Dipsacales Calycerales Asterales Sebagian besar perintah di atas seperti yang didefinisikan oleh Cronquist telah secara dramatis didefinisikan ulang berdasarkan studi molekuler sistematis baru-baru ini. Untuk sebagian besar, subkelas Cronquist, Asteridae, sesuai dengan konsep-konsep lama Sympetalae dan Tubiflorae, kelompok-kelompok yang didefinisikan dengan menyatukan kelopak mereka ke dalam sebuah tabung.
Namun, klasifikasi yang lebih tua ini mengandung beberapa keluarga sympetalous, seperti Cucurbitaceae, yang sekarang diketahui tidak berhubungan erat. Konsep Cronquist juga berhubungan erat dengan kelompok euasterids APG II tetapi APG tidak secara resmi mengenali kelompok yang disebut "Asteridae" (atau kelompok lain di atas pangkat orde). Studi filogenetik baru-baru ini menunjukkan bahwa beberapa keluarga, termasuk tiga ordo utama yang tidak termasuk dalam Asteridae oleh Cronquist, Ericales, Cornales, dan Apiales, juga termasuk dalam kelompok asterid. Batas subclass Asteridae, serta batasan perintah yang terkandung di dalamnya, saat ini dalam keadaan fluks; banyak ahli botani sistematis menyebutnya sebagai clades (asterids, euasterids, dll), daripada menggunakan nama formal seperti subclass Asteridae.


Komentar